Jumat, 11 Oktober 2013

Tugas 1 Pelanggaran Kode Etik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nama   : Fera Lufhidarani Pranita
Kelas   :  4 EB 23
NPM   : 22210722

Tugas 1 Pelanggaran Kode Etik Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Minggu, 06 Oktober 2013

Saya menghadiri acara pernikahan saudara saya yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah tepatnya berada di anjungan Yogyakarta, di depan anjungan tersebut terdapat danau kepulauan Indonesia di sana saya melihat banyak sekali muda mudi yang berpacaran di tempat umum. Berpacaran ditempat umum adalah tindakan yang melanggar kode etik khususnya kode etik kesusilaan, karena tindakan tersebut bertentangan dengan etika sopan santun dan tindak pantas apabila terlihat oleh anak dibawah umur.

Senin, 07 Oktober 2013
            Pada hari senin selepas saya pulang kuliah tepatnya saat saya memasuki gang perumahan saya, saya melihat seorang ibu memarahi anaknya hingga mengeluarkan kata- kata yang tidak pantas untuk diucapkan. Tindakan tersebut merupakan pelanggaran kode etik terutama etika berbicara sekalipun ibu itu memarahi anaknya tetapi kata-kata yang dikeluarkannya sangatlah tidak layak untuk di dengar oleh semua orang.

Selasa, 08 Oktober 2013
            Pada hari selasa tepatnya pada saat Asar, di suatu warung dekat dengan rumah saya terdapat beberapa pemuda yang sering sekali berkumpul (nongkrong) dengan membawa gitar sambil menyanyi mereka tidak merasa malu ataupun sadar bahwa orang sekelilingnya ingin melakukan ibadah. Tindakan ini merupakan pelanggaran etika bertenggang rasa untuk orang disekitarnya.



Rabu, 09 Oktober 2013
            Pada hari rabu saya libur kuliah karena tidak ada jadwal masuk maka pada hari itu saya pergi kerumah nenek saya yang bertempat tinggal didaerah jatiwaringin, saya pergi kerumah nenek saya menggunakan angkutan umum. Di perjalanan ada seorang pengamen bergaya metal dengan banyak tindikan diwajahnya, dia menyanyikan sebuah lagu dan meminta uang kepada setiap penumpang tetapi ada seorang ibu yang tidak memberinya uang, pengamen itu marah-marah kepada sang ibu yang umurnya lebih tua daripada dia. Tindakan tersebut telah melanggar kode etik sopan santun, sekalipun yang kita temui bukan orang tua kit sebaiknya kita tetap menjaga sopan santun kepada orang lain terutama yang lebih dewasa.

Kamis, 10 Oktober 2013

            Pada hari kamis saya masih libur kuliah maka pada hari itu saya pergi ke kampus depok untuk menyelesaikan syarat PI saya, saya pergi menggunakan kereta api. Kereta api yang saya naiki penuh hingga saya tidak mendapatkan tempat duduk, saat itu saya melihat ada seorang ibu yang sudah lanjut usia ia tidak mendapatkan tempat duduk sedangkan didepan ibu tersebut ada seorang anak muda yang mendapatkan tempat duduk tetapi dia tidak mau untuk mempersilahkan ibu tersebut duduk. Tindakan tersebut sudah melanggar kode etik bertenggang rasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar